Monday 25 January 2016

[Review] Kuroko No Basuke Part 1

BY Unknown IN No comments



Minna!! :) Hisashiburi danna~~

Ahh.. akhir-akhir ini saya nggak bisa berhenti senyum-senyum sambil nyorakin tim basket. Kalo kata temen saya sih ya, dia nggak pernah lihat tim basket sekeren ini pas masih sekolah dulu. Wkwkwkwk (kasian tim basket sekolah nyata :)). Kalo kata saya sih ya, saya pengen bikin tim basket yang isinya cowok keren kaya mereka semua. Wkwkwk~~


Pernah nonton anime sports cowok “Kuroko No Basuke” gak? Hmm, buat para penggemar anime pasti udah banyak yang tau dan nonton ya. Saya sendiri termasuk telat dan saat mereview anime ini saya baru nonton sampai episode 49 season 2 “Kuroko No Basuke”.

Seperti biasa saya udah gak tahan pengen review :) Nah kali ini saya mau mereview dari sudut pandang cewek (sama aja sih sebenarnya :p). Silakan~~

Apa itu Kuroko No Basuke?

Kuroko No Basuke adalah manga buatan Tadatoshi Fujumaki yang artinya kalo saya uraikan lebih dalam lagi (ceilah) ‘Permainan Basket ala Kuroko’ atau ‘Basketnya Kuroko’ atau ‘Gaya Main Basket Kuroko’... hmmm... kayanya agak nyeleneh deh, tapi inti dari animenya sendiri ya begitu. :)

Anime ini menceritakan tentang sekelompok pemain basket SMP yang mendapat julukan Kiseki No Sedai atau dalam bahasa indonesia artinya “Generasi Keajaiban” dimana hanya dalam sepuluh tahun sekali akan muncul lima orang yang memiliki kehebatan dalam permainan basket.

Tim basket Kiseki No Sedai ini memang benar-benar hebat dan jenius, karena mereka mendapat kemahiran ini secara Cuma-Cuma atau singkatnya kehebatan dalam bermain basket yang mereka miliki adalah ‘bakat alami’ yang tidak dimiliki kebanyakan orang. Dalam tim Kiseki no Sedai ini ada seorang anggota keenam yang bernama Kuroko Tetsuya, dibandingkan dengan kelima anggota tim basket inti Kuroko tidak memiliki kelebihan apapun bahkan hawa keberadaannya sangat ‘tipis’ dan hal ini membuat ia sering dilupakan bahkan tidak bisa dilihat oleh mata manusia biasa (shit!) Wkwkwkwk (becanda).

Setelah mencapai kejayaan masa SMP dan berhasil menjadi tim tekuat di Jepang (saat SMP) saat masuk SMA keenam anak ini pun memutuskan untuk bersekolah disekolah yang berbeda dan Kuroko memilih untuk bersekolah di SMA Seirin yang klub basketnya baru berdiri selama satu tahun dan masih memiliki sedikit anggota juga tidak terlalu terkenal.

Di SMA Seirin ini dia bergabung dalam klub basket dan bertemu dengan Kagami, cowok berambut merah yang memiliki tinggi 190cm dengan badan yang tinggi besar dan ia baru saja kembali dari Amerika. Karena suatu alasan Kuroko membuat kesepakatan dengan Kagami yang sangat ambisius untuk menjadi pemain basket terhebat dan mengalahkan Kiseki No Sedai. Kuroko yang sebelumnya telah melihat kehebatan Kagami memutuskan untuk menjadikan Kagami sebagai cahaya dan ia akan mendukung Kagami sebagai bayangannya.

Aktor dalam Kuroko No Basuke (pengenalan tokoh)?

Hmm, kalo menurut saya main actornya ya Kagami Taiga, meskipun dalam judulnya adalah Kuroko No Basuke tapi disini Kuroko lebih seperti ‘bayangan’ yang menopang Kagami. Wkwkwkwkwk. Mirip Doraemon yang menyokong Nobita lah, yah seperti itulah maksud saya sebenarnya :p.

Masing-masing karakter dalam anime ini punya kehebatan yang berbeda-beda. Dalam tim Kiseki No Sedai sendiri ada Kise, Midorima, Aomine, Murasakibara, Akashi, dan Kuroko. Saat ini saya baru tahu kekuatan lima orang saja, dan rivalnya dari SMA Seirin, Hyuga, Kiyoshi, Kagami, Izuki dan Kuroko.

Siapakah sosok bayangan ?

0. Kuroko Tetsuya



Kuroko memiliki tinggi 168cm dan berambut biru. Ia bergolongan darah A (saya gak tahu bintangnya) dan ia tipe yang sangat kaku namun berpendirian teguh. Ia juga selalu terlihat tenang dan mampu mengontrol emosi dan tetap menjaga pikirannya agar tetap jernih. Tipe yang selalu berhati-hati dalam memperhitungkan langkahnya dan dia sangat peduli dengan rekan-rekannya.

Kuroko pernah dijadikan parody dalam anime Gintama. (Gintoki dkk sialaaannn~~ kalau ingat scene ‘teman bayangan’ di Gintama rasanya mau ngakak terus :) Wkwkwkwk.) Alasan Kuroko memilih berpisah dari tim Kiseki No Sedai sangat simpel. Ia ingin mengalahkan mantan team mates-nya dan menunjukkan permainan basket yang ia yakini.

Gaya bermain basket Kuroko tidak terlalu mencolok, hanya saja ia sangat mahir dalam mengoper bola yang sering disebut sebagai ‘misderiction’, tapi kekurangannya ia sangat buruk dalam memasukkan bola kedalam ring. Pass yang ia lakukan sangat tidak biasa dan selalu mencengangkan karena ia bisa menghilang dan tidak terlihat oleh lawannya. Saya sering mikir dalam dunia nyata perbasketan tehniknya Kuroko ini kira-kira bisa dipakai gak yaa~~??

Pada dasarnya tehnik bermain Kuroko ini mengandalkan kerjasama tim dan rasa saling percaya antar tim yang kuat. Intinya adalah persahabatan dan kebersamaan, menang atau kalah itu belakangan tapi bukan berarti dia tidak ingin menang dalam pertandingan. Ia ingin menunjukkan pada teman-teman Kiseki No Sedai-nya bahwa tim Seirinnya bisa menang dengan  gaya bermain basket pure yang ia terapkan bersama teman-teman Seirinnya.

Perjuangan Kuroko untuk menunjukkan prinsipnya pada teman-teman Kiseki No Sedainya selalu mengalami jatuh bangun. Tapi tentu saja sedikit demi sedikit setelah melewati banyak pertandingan, Kuroko mulai membuktikan bahwa prinsipnyalah yang paling benar.

Sebenarnya kalau saya mau mikir jahat nih ya. Misalkan semua teman Kuroko hebat dalam basket dan mahir masukin bola kedalam ring, mereka nggak akan membutuhkan tukang ngoper bola dan bakal langsung lempar bolanya dalama ring. Tentu saja hal ini sangat tidak menyenangkan buat Kuroko karena dia bakal terlempar dari dalam tim Kiseki No Sedai :p

Jahat banget ya? Tapi logikanya begitu, hanya saja permainan basket memang akan lebih menyenangkan kalau bisa dimainkan bersama teman-teman setim :) Prinsipnya Kuroko memang bagus banget! T. O. P!!

Anggota Kiseki No Sedai atau “Generasi Keajaiban” ?

Saya mulai dari urutan yang paling bawah ya~~

5. Kise Ryota


Ia adalah seorang pemain basket dan juga seorang model yang berbintang Gemini (seperti saya :) bintangnya sama maksudnya, kalo model sih.. jauuuhh :p). Wajahnya ganteng, orangnya ceria, supel, baik, doyan menegur, tidak sombong dan suka menambahkan kata ‘–cchi’ dibelakang nama teman-teman yang diakuinya hebat. Diantara semua angota Kiseki No Sedai dialah yang paling kelihatan bersahabat dan paling sering dibully teman-temannya (wkwkwk).

Kelebihan Kise, dia mampu menirukan gaya main basket orang lain. Atau lebih tepatnya ia bisa belajar sangat cepat dan langsung mempraktekkan keahliannya hanya dalam sekali lihat saja. Pertarungan paling sengit yang bikin saya galau menentukan siapa pemenangnya adalah saat Kise bertarung melawan Aomine.

Duh.. disini saya deg-degan banget >_<” !!!! Disatu sisi saya suka Kise dan ingin mendukung Kise supaya menang tapi disisi lain saya takut kalo  Aomine kalah (apaan sih???).

                Hahahahha! Pokoknya.. pertandingannya seru banget apalagi kalau melihat  perbandingan kekuatan mereka... (hehehehe kalo mau tahu hasilnya nonton sendiri ya~). Yang jelas saya sampai ga henti-henti nonton ini sampai ketiduran dan laptop yang nontonin saya. Wkwkwk.

4. Midorima Shintaro

 

                Sosok animenya Midorima ini, dia memakai kacamata, berambut hijau, pemalu, sangat suka ramalan bintang, suka menganalisis orang lewat golongan darah, golongan darahnya B, zodiaknya cancer dan dia doyan beli benda-benda fengshui.  Orangnya dingin, ganteng dan keren.

Midorima punya seorang sahabat bernama Takao yang sifatnya berbading 180 derajat. Kalau Midorima sifatnya dingin, cool, dan pemalu, kalau Takao, kadang malu-maluin, doyan jahilin orang, dan juga friendly. Dialah yang paling mengerti sifat Midorima.. hmmm, semacam pacar kali ya kalau ada versi ceweknya tapi dia cukup sering dibully Midorima. Wkwkwkwk. Tiap scene mereka berdua pasti jatuhnya bakal jadi lawak. Ahhh~ kadang air mata saya sampai mau menetes saking sialannya kelakuan dua orang ini :D (gomen). Takao sering bertaruh suit dengan Midorima dan selalu kalah, setiap kalah ia selalu menarik gerobak (yang berisi Midorima sedang bersantai) dengan sebuah sepeda.

Kelebihan Midorima, dia paling hebat dalam three point atau tembakan tiga angka. Mau sejauh apapun jaraknya, dari sisi manapun dia nggak akan meleset saat memasukkan bola kedalam ring meskipun dia nggak melihat ringnya (?). Pertarungannya dengan Kagami juga bikin deg-degan banget.. (kalo mau tahu hasilnya nonton doong~~ wkwkwk).

3. Aomine Daiki



Sosok Aomine ini awalnya bikin saya takut. Tapi pas lagi nonton pertandingan dia melawan Kagami di season 2, saya tiba-tiba langsung kesemsem sama ini cowok. Duhh~~ melted. Aomine ini berkulit gelap, berambut hitam, tinggi, dan orangnya cepet bosenan. Dia punya prinsip bahwa hanya dirinya sendirilah yang bisa mengalahkan dirinya (duh bingung). Dia juga selalu ditemani oleh cewek cantik yang suka sama Kuroko, namanya Satsuki.

 Saya sebel banget sama tipe orang kaya gini nih, suka ngeremehin orang.. ya memang sih dia hebat banget, wajar kalo dia sampai ngeremehin orang.

Kemahirannya adalah pertahanan dan kecepatan, ia yang memiliki kecepatan dan fisik paling kuat diantara anggota lainnya, ia juga bisa memasukkan bola kedalam ring tanpa pernah meleset entah itu dari sudut manapun dan dengan gaya apapun, sampai gaya mau tidur juga bisa, gaya berputar salto diudara juga dia bisa. Dia juga kuat banget dan menyeramkan tapi ganteng sih lama-lama kalo udah tahu sifat aslinya (apaan coba???)

Semua pertandingan yang ada Aominenya bakal bikin deg-degan dan hasilnya sama sekali gak bisa ditebak. Paling sengit saat dia melawan Kagami.. duh saya sama sekali gak bisa memprediksikan siapa pemenangnya, serem banget pertandingannya boo~. Kalo temen saya bilang, rasanya sama kaya lagi nonton pertandingan basket nyata bahkan lebih keren lagi.

2. Murasakibara Atsushi


Murasakibara ini tinggi tubuhnya sekitar 2 meter!!! Badannya juga paling gedee!!! Tapi dia tipe pemalas dan sifatnya mirip anak kecil, dia juga doyan banget makan. Mungkin diantara mereka berenam, saya nggak akan jatuh cinta sama Murasakibara deh. Kenapa? Takut aja kalau digencet dan diunyek-unyek kaya bola basket trus dilempar kedalam ring sama dia :p

Saat ini saya sedang nonton pertandingan antara sekolah Murasakibara dan sekolah Kagami jadi masih belum tahu hasil akhir dari perebutan untuk masuk dalam peringkat liga besar Winter Cup se-Jepang. Kelebihan Murasakibara adalah pertahanan inside paling kuat.

Dalam basket itukan ada pertahan outside dan inside, nah posisi Murasakibara ini tepat berdiri didekat ring dan dia paling jarang bergerak kesana kemari karena sifat malasnya itu. Tapi ia memiliki lompatan tinggi dan tangan yang panjang dan besar, kekuatannya juga nggak main-main hal ini membuat dia dapat dengan mudah memblok semua bola lawan yanga akan masuk kedalam ring timnya. Pokoknya bahaya banget kalau sampai berhadapan dengan Murasakibara.

1. Akashi Seijuro


Nah, sosok Akashi ini berambut merah dan dia adalah mantan kapten tim basket Kiseki No Sedai. Saya belum tahu sifat aslinya Akashi karena belum nonton season 3. Tapi dari siluet-siluetnya dan gambaran umum yang sering tayang saat flashback ke masa SMP. Sepertinya Akashi ini sangat hebat dalam menyusun dan memperhitungkan strategi perang dalam pertandingan basket. Singkatnya ia sangat cerdas dan bisa memprediksi juga membaca masa depan pergerakan lawan-lawannya. Kalau kehebatan skill-nya saya masih belum tahu dan akan saya update lebih lanjut saat sudah menonton season 3 “Kuroko No Basuke” ya~~ J

Rival terkuat Kiseki No Sedai dan Team Mates terkuat Kuroko Tetsuya ?

1.     Kagami Taiga



Kagami Taiga masuk dalam tim starter Seirin ia memiliki tinggi 190cm dan tubuhnya juga besar, ia berambut merah dan zodiaknya Leo. Ia orang yang paling nggak suka dicurangi, nggak tegaan, tapi emosian. Paling gak bisa nahan diri saat ketemu sama orang yang lebih kuat dari dia dan hebat dalam basket. Ia adalah cahaya Kuroko dan dia sangat percaya dengan Kuroko.

Kemahirannya adalah lompatan yang sangat tinggi bahkan gerakannya sering disangka terbang oleh lawannya ketika ia melakukan tembakan alley oop dan dunk yang bahkan bisa sampai merobohkan tiang basket (biasalah cowok suka pamer-pameran kekuatan gitu J). Dia adalah pemain starter Seirin termasuk Kuroko, Kiyoshi, Hyuga, dan Izuki si mata elang.

Kagami sangat kuat, bahkan dalam tim inti Seirin hanya sedikit anggota yang bisa menangkap pass dari Kuroko. Dia adalah belahan jiwa (wkwkwk) dan masa depan (dalam basket) Kuroko dan dialah yang paling bisa mengimbangi gaya bermain Kuroko yang ajaib. Semua pertarungan Kagami dengan rival-rivalnya sangat menegangkan dan kekuatan juga kemahiran mereka selalu berkembang setiap ada pertandingan baru.

Alasan Kuroko memilih Kagami sebagai cahayanya karena Kagami mirip dengan sosok Aomine yang selalu mengerahkan segala usahanya dalam basket dan sangat mencintai basket lebih dari apapun.

2.    Hyuga Junpei


Kapten tim basket Seirin, oh my gosshhh~~~ saya jatuh cinta banget ini sama Hyuga senpaaii~~~ (xoxo). Dia masuk dalam tim starter Seirin dan memakai kacamata, dulunya sempat alay dan warnain rambut dengan warna blonde sebelum gabung sama tim basket. Setelah gabung dia potong rambut dan mengecat rambutnya dengan warna hitam lagi.

Sebenarnya gak ada yang spesial sih sama mas kapten satu ini. Saya memutuskan untuk suka sama karakternya setelah nonton beberapa episode dan liat scene pas dia dipaksa latihan three point shot sama pelatihnya Aida Riko. Setiap bola yang gagal masuk dalam ring membuat dia harus menghancurkan koleksi figurin tokoh-tokoh terkenal yang ia miliki. Sadis... tcktcktck... tapi lucu... :p

Sifatnya sering berubah jadi menyeramkan disaat-saat terdesak. Dan tembakan three pointnya pasti tak akan pernah meleset jika dia berada dalam mode ‘menyeramkan’. Kemahirannya adalah ‘clutch shooter’ dan tembakan three point yang tak akan berhenti setelah ia berhasil memasukkan satu tembakan three point kedalam ring.

Kalau tidak salah ingat Ia merupakan center atau poin guard dalam tim Seirin yang menggunakan style permainan ‘run and gun’. Ia adalah kapten yang baik dan bijaksana. Dia juga gentleman dan sangat memperhatikan Aida Riko. Hmm.. dugaanku sih di ending nanti dia bakalan nembak Aida Riko dan mereka bakal pacaran. Saya dukung bangeett!!! J

3.    Kiyoshi Teppei


Kiyoshi nggak muncul diawal episode karena ceritanya dia masih menjalani rehabilitasi lututnya yang cedera. Ia masuk dalam tim starter Seirin, tubuhnya besar dan tingginya sekitar 193cm, sifatnya sangat kebapakan dan dia juga yang paling dewasa dibandingkan anggota tim yang lain. Caraku untuk mengenali sosoknya dalam anime yaitu melihat alisnya yang cukup besar dan yeah dia tinggi sekali... J Kiyoshi adalah orang yang tenang, rendah hati, suka menolong (rajin menabung :p), gentleman, dan ia punya julukan si Hati besi tapi kapten kadang menyebutnya si kepala besi J

Ia mahir dalam defense offense dan juga point guard, ia muncul sebagai anggota terakhir Seirin dan langsung dipilih untuk menjadi center dalam tim mereka. Kiyoshi adalah awal dari kebangkitan tim basket Seirin, karena dia lah klub basket terbentuk.

4.   Shun Izuki


Kelebihan dari Izuki adalah mata elangnya, ia dapat memproyeksikan posisi lawan maupun timnya dalam kepalanya seolah dia bisa melihat semua pergerakan dari atas mereka. Selain itu ia bisa mempraktekkan semua dasar basket dengan sangat baik, jadi tidak ada hal yang terlalu spesifik untuk menggambarkan keahlian khususnya. Tapi selain mata elang dia punya keahlian lain~ yup yup~ memplesetkan kata-kata dan melawak yang lebih sering jatuhnya garing. Wkwkwkwk.

5.    Rinnosuke Mitobe


Sebelum Kiyoshi masuk dalam tim starter Seirin, Mitobe lah yang lebih dulu mengisi posisi center menggantikan Kiyoshi. Mitobe terkenal tidak banyak bicara (tapi bukan pendiam karena lebih mirip bisu tapi sebenarnya dia bisa bicara). Sama seperti Izuki, Hyuga, dan Kiyoshi, Mitobe adalah anggota pertama klub bola basket Seirin. Keahliannya adalah ‘hook shooter’.

6.   Shinji Koganei


Keahliannya adalah mampu menembakkan bola masuk kedalam ring dengan tingkat akurasi yang tinggi selain itu dia tak terlalu memiliki keahlian lainnya. Tapi Koga-chan juga sering membantu sebagai tim starter Seirin

7.    Satoshi Tsuchida


Ia dan Koganei jarang bermain sebagai tim starter tapi kekuatannya juga sering digunakan jika tim berada dalam kesulitan dan saat Riko memulai strategi tarik ulurnya disaat-saat terdesak seperti saat Kuroko dan Kiyoshi terluka atau disudutkan oleh lawan. Keahliannya adalah rebound atau merebut bola yang terlepas atau gagal masuk kedalam ring.

8.   Pemeran penyokong

 Kawahara Koichi si gundul kelas 1, Fukuda Hiroshi kelas 1, Furihata Kouki kelas 1


Heroin-nya ? Friend or Foe ?

1.     Aida Riko


Dia adalah satu-satunya wanita dalam tim basket Seirin, dia merangkap jadi manager dan juga pelatih basket Seirin. Keahliannya dia mampu menganalisa kekuatan seseorang hanya melihat dari tubuhnya saja. Riko tidak bisa memasak dan ia pernah hampir membunuh anggota timnya saat ia memasak makan  malam untuk merayakan kemenangan Seirin karena ia mencampur berbagai macam suplemen kedalam makanan mereka (wkwkwk).

Ia selalu mengumpulkan berbagai informasi tentang lawannya, juga tak akan segan memberikan hukuman berat kepada para anggota tim saat mereka sedang menjalani training/latihan.

2.    Satsuki Momoi


Ia adalah rival dari Aida Riko, gadis berambut panjang berwarna pink dan memiliki body yang bagus. Ia sangat menyukai Kuroko namun ia juga sangat dekat dengan Aomine dan memilih untuk berada didekat Aomine agar dapat mengontrol kebiasaan buruk Aomine. Awalnya saya pikir dia ini aneh suka sama Kuroko tapi kemana-mana sama Aomine, tapi lama kelamaan kalau diperhatikan lagi hubungan Momoi dan Aomine lebih seperti hubungan kakak beradik.

Ia adalah manager tim basket Aomine, sama seperti Riko, Momoi juga tidak bisa memasak dan memiliki kemampuan analisa tubuh dan prediksi strategi pertandingan yang tinggi, ia juga sanggup mengumpulkan informasi dan memperkirakan berbagai langkah yang diambil lawannya saat pertandingan. Saking sukanya sama Kuroko ia tak akan segan ‘menguji’ Kuroko dengan daya analisis basketnya.

Conclusion

Nah, diatas tadi itu adalah nama tokoh-tokoh dalam anime Kuroko No Basuke. Sebenarnya masih banyak lagi tokoh penting dan kuat lainnya yang gak kalah keren dan gantengnya tapi saya sudah gak kuat lagi mengingat karakter mereka satu-satu (gomen).

Alur ceritanya benar-benar segar dan tidak terlalu berat, tapi lumayan serius dan bikin mikir. Soal strategi penyerangan saat pertandingan, pengenalan metode dan tehnik-tehnik basket, rules, permasalahan, titik balik awal cerita juga sangat mudah dimengerti oleh orang yang bahkan amatir sama basket (contohnya saya). Dalam dua season saja saya sudah sedikit banyak mengerti dan bisa menyebutkan/menebak nama-nama tembakan yang digunakan dalam pertandingan. Seperti alley oop itu yang gimana, dunk itu gimana dan apa itu menara penjaga, center, cara menghitung poin, dsb (tapi saya tidak mahir).

Saya juga lumayan suka dengan art work-nya yang pengerjaan karakternya cukup serius dan kesannya juga lebih real gak terlalu banyak gambar-gambar imut dan cewek manjanya. Art worknya gak sebanding dengan Shingeki No Kyojin sih tapi kedua anime ini sama-sama hebat. Kebetulan saya lebih suka anime yang kesannya dewasa dibandingkan yang gambarnya imut-imut sih sebenarnya :p

Selain menyajikan pertandingan yang seru sekali sampai-sampai saya sering tidur pagi untuk menyelesaikan episode demi episodenya, anime ini juga mampu menarik perhatian saya secara pribadi dalam hal fanservice untuk para penggemar wanita (mereka semua ganteng, masih kelas 2 SMA dan 1 SMA tapi punya otot trisep, bisep dan sixpack keren yang benar-benar menyilaukan mataku, gomen ne~~ ///_///).

Awalnya saya kira anime ini agak Yaoi (Wkwkwkwkwk) tapi ternyata nggak! (meskipun kadang partnya Kagami sama Kuroko terkesan mendalam dan agak intim, tapi gak lah mereka gak Yaoi :)) Anime ini sebenarnya lebih diperuntukkan buat konsumsi laki-laki tapi ternyata gak hanya laki-laki yang bisa menikmatinya, ternyata para cewek juga bisa menikmati anime dengan alur yang agak berat seperti Kuroko No Basuke. Lalu.. anime ini bukan diperuntukkan untuk anak kecil. Kuroko No Basuke sudah masuk dalam hitungan anime dewasa.

Sekian review tentang anime “Kuroko No Basuke” kalau ada yang kurang, terlewat, atau gak pas tolong dimaklumi, karena daya analisis saya tidak begitu bagus :) Jadi... para cewek selamat menikmati anime Kuroko No Basuke :) Jangan nonton anime shoujou melulu (wkwkwk) :v


0 comments:

Post a Comment