Saturday 26 September 2015

Anime/ Manga/ Movie Dengan Konsep Tatanan Dunia Baru (Kebebasan dan Pemberontakan)

BY Unknown IN 2 comments



        

Sebelum  mengetahui apa saja anime dan manga yang dibuat berdasarkan konsep tatanan dunia baru gimana kalau flashback sebentar dan baca informasi tentang konsep tatanan dunia baru yah.. sebenarnya informasi tentang konsep ini sudah banyak tersebar di google dan blog lainnya jadi gampang banget searchingnya. Karena adanya masalah keterbatasan dalam mencari informasi tentang Anime dan Manga mana yang memakai konsep ini. Jadi aku akan memberi daftar beberapa manga yang sudah kubaca dan anime/movie yang sudah ku tonton dan menurutku memiliki alur cerita berdasarkan konsep tatanan dunia baru.

Konsep Tatanan Dunia Baru

Secara umum  New World Order (NWO) telah digunakan oleh banyak politisi sepanjang zaman, dan merupakan istilah generik yang digunakan untuk mengacu pada konspirasi global yang dilakukan oleh sebuah grup yang sangat kuat dan berpengaruh dimana didalamnya termasuk orang-orang kaya dunia, pemimpin politik, perusahaan elit, serta anggota dari kelompok bernama Black Nobility of Europe (dominated by the British Crown) yang bertujuan untuk membuat dunia dengan satu pemerintahan (fasis) yang bebas dari adanya kebangsaan dan daerah perbatasan. 

Tema umum dalam teori konspirasi tentang Tata Dunia Baru adalah bahwa elit kuat ini memiliki agenda rahasia globalis yang saling bersekongkol dengan tujuan untuk memerintah dunia melalui pemerintahan dunia totaliter, yang akan menggantikan negara-negara berdaulat dan mengakhiri perebutan kekuasaan internasional. Kejadian yang signifikan dalam politik dan keuangan yang berspekulasi harus diatur oleh sebuah komplotan rahasia yang sangat berpengaruh yang beroperasi melalui banyak organisasi rahasia. Peristiwa sejarah disesuaikan dan dilihat sebagai langkah-langkah untuk mencapai dominasi politik dunia melalui pertemuan-pertemuan rahasia dan proses pengambilan keputusan.

Here We Go..

1.          Hoshien Engi (Manga)

Hoshien Engi ini manga yang sudah lama banget terbitnya jaman aku masih SMU aja ini volumenya udah komplit sekitar 23 volume gitu (berhubung nebeng temen bacanya, jadi gak koleksi). Alur ceritanya cukup berat karena mengambil setting di China tapi sudah di sinkronisasikan agar sesuai dengan manga Jepang. Penulisnya adalah Ryu Fujisaki sensei, ini adalah manga cowok pertama yang kubaca dan aku langsung suka. Karakter tokoh dan gambar yang disajikan oleh Fujisaki sensei benar-benar gokil dan sukses bikin aku jatuh cinta sama tokoh utamanya si dodol Taikoubou sensei, alur ceritanya juga lebih susah dibanding manga cewek yang pernah kubaca dan biasanya selalu banyak adegan cintanya.

Ceritanya berhubungan dengan sejarah negeri China yang dihubungkan dengan cerita fiksi buatan Fujisaki sensei. Beribu tahun yang lalu ada sekelompok ‘orang pertama’ yang datang kebumi dan menginginkan dunia yang ideal. Tapi satu diantara ‘orang pertama’ itu memiliki keinginan yang berbeda dari rekan-rekannya yang justru memilih untuk melebur dan bersatu dengan bumi yang apa adanya dan membiarkan bumi memiliki masa depannya sendiri tanpa dikendalikan oleh seseorang. Satu ‘orang pertama’ yang memilih untuk bertahan ini ingin membuat bumi berada dalam kendalinya dan berjalan sesuai keinginannya, jika ada sedikit saja kesalahan maka dia tak akan segan-segan menggunakan kekuatannya untuk menghancurkan bumi sehingga ia bisa membentuk bumi dari awal lagi. Namun para dewa baik dan jahat pada akhirnya berusaha menghentikan aksi ‘orang pertama ini dengan konsekuensi bahwa manusia biasa tidak boleh mengetahui kejadian yang sebenarnya yang tengah menimpa mereka.

Aku suka karakter utama manga ini si Taikoubou, dia ini orangnya cerdas banget, ahli perang dan strategi juga pandai mengelak, meskipun orangnya konyol tapi dia adalah ahli siasat perang terbaik zaman dinasti China, pokoknya manga ini rekomended banget buat penggemar cerita action sejarah dan doyan humor bikin ngakak.

2.         One Piece (Manga/Anime)

Awalnya aku gak begitu suka manga One Piece karena lebih suka nonton animenya J. Manga ini dibuat oleh Eichiro Oda sensei. Nah karena dulu stasiun televisi di Indonesia nggak komplit nayangin anime ini sampai tamat (iya ajalah.. orang manganya aja masih ongoing gitu) jadi sempet putus nonton dan aku males banget baca manga. Sampai akhirnya mulai suka lagi baca-baca beginian dan akhirnya meluangkan waktu buat download semua chapter manganya yang sekarang totalnya udah 850-an lebih dan udah hampir mencapai volume 80-an di Indonesia. Banyak banget kan, mana sekarang harga manga mahal banget kisaran harganya mulai 24.000-26.000 kalo diwilayah kalimantan dulu 50.000 bisa dapet 5 manga plus kembalian. Sekarang udah gak bisa T,T

Ceritanya pasti udah pada tahu kan, tentang bajak laut yang mencari harta karun dan kebebasan. Jangan-jangan One-piece itu sebenarnya ‘sepotong kenangan’ coba deh apa lagi hal yang paling berharga di dunia ini selain harta karun dan uang (ayoohh.. jangan mata harta karunan). Mungkin cinta dan persahabatan ya, udah berapa tahun Luffy mengarungi laut dan mempertaruhkan hidupnya dengan orang-orang yang sama..? Mungkin yang dimaksud One Piece sebenarnya adalah harapan dan arti ikatan yang terjalin diantara mereka bersepuluh (Luffy, Zoro, Sanji, Usop, Nami, Robin, Copper, Brook, Franky dan Sunny (kapal)) ketika nanti berhasil mengarungi semua kesulitan dan mencapai tujuan yang selama ini mereka impikan bersama-sama itulah hartu karun paling berharga yang sebenarnya. Duyy.. mulai deh sok tahu diriku keluar... tapi ini Cuma spekulasi aja ah, jangan terlalu dipikirkan. Wkwkwkwk. Gak tahu deh entar ‘One Piece’ itu apaan.. bisa jadi monster besar atau mungkin tumpukan harta benda. Ceritanya serius, alurnya berat tapi kocak dan gokil banget, jadi yang baca juga tetap betah menunggu lanjutan ceritanya.

Kalau di Hoshien Engi ada Trio sister Jelita dimana mereka adalah anggota musuh yang akhirnya bekerja sama membantu Taikoubou, nah di One Piece ada trio bajak laut kuja yang memiliki posisi sebagai bajak laut shicibukai yang bekerja untuk pemerintah. Kemiripannya karena pemimpin trio ini sama-sama jatuh cinta dengan pemeran utama dimana si Venus jatuh cinta pada Taikoubou dan pemimpin bajak laut kuja jatuh cinta pada Luffy. Dua trio ini jahat tapi mereka membelot dan akhirnya membantu menegakkan keadilan. Alurnya mirip banget deh. 

Yang bikin penasaran ini ya pemerintah dunia yang kok justru kejam ya dibandingkan bajak laut itu sendiri? Tentunya gambaran pemerintah dunia ini gak lepas dari kemiripannya dengan ‘Illuminati’ atau apalah itu dan meskipun cantik di luar tapi dalamnya penuh kebusukan (mulai deh alaynya). Mungkin gak jauh beda dengan pemerintah dunia yang nyata saat ini ya. Gambaran tentang, korupsi, pengkhianatan, perang, dan siapa yang mengkambing hitamkan siapa gitu. Bajak laut ini ibarat pemberontak yang siap menghancurkan pemerintahan dunia yang sudah disetting serapi mungkin (duile). 

Tapi apalah daya, manusia selalu ingin kebebasan dan kebebasan itu bisa menghambat pemerintah dunia untuk menjalankan tugasnya dalam mengatur dunia, pantesan aja sedikit banget negara yang menjunjung demokrasi dan terjadi banyak perang dibeberapa wilayah karena ingin memperebutkan harta karun dunia (sumber energi). Bagaimana kalau kebebasan itu bersatu.. pasti semua aturan yang sudah dibuat gak akan ada harganya lagi. Padahal aturan juga penting untuk ditaati (ngomong gini tapi pas jaman sekolah dulu sering banget bolos). 

3.         Attack On Titan a.k.a Shingeki No Kyojin (Manga/Anime)

Seratus tahun yang lalu manusia memiliki kebebasan sebelum akhirnya harus hidup seperti binatang dalam kandang (Sepertinya kita bentar lagi juga akan mengalami nasib seperti ini mengingat banyaknya perang dan global warming diberbagai wilayah ‘tuhkan mulai lagi deh ngomong macem-macem’). Seratus tahun lalu manusia berperang sehingga dunia menjadi kacau dan tatanan kehidupan harus mulai dari awal lagi. Untuk mengatasi hal ini diciptakanlah senjata biologis yaitu Titan. Manga buatan Iseyama sensei ini dengan sukses bikin aku jatuh cinta sama Levi Ackerman.. (again..? please yun stop it!!) aku sempet gak mau nonton film ini karena kok jorok banget sih bikin anime ada manusia telanjangnya dan darah dimana-mana, banyak adegan makan manusia segala. Ih gak mau deh nontonnya jorok banget, nah aku emang sempet coba donload animenya satu episode karena gak tahu alur cerita dan gak baca plotnya dulu akhirnya episode 1 Attack On Titan itu aku ‘delete’ hingga masuk ke ‘recycle bin’. Kupikir ini anime apaan, kenapa menurut review yang bagi link downloadnya AOT ini lagi populer banget di semua negara.

           Pas udah lewat beberapa bulan akhirnya nongkrong bareng teman-teman cowok yang gak kusangka penggemar anime juga. Akhirnya dikasih pengertian deh kalo AOT itu sebenarnya anime keren. Coba deh dikasih anime 24 episode season 1, aku langsung pengen download season 2 nya pas udah kelar nonton season 1.. yang benar aja.. season 2 baru dirilis tahun 2016 langsung patah arang deh.

         Awalnya gak ada satupun karakter yang kusuka dan aku benci banget sama Levi Ackerman. Dia adalah orang terjahat di muka bumi pokoknya.. tak kenal maka tak sayang kan? Hehehehehe.. sekarang aku malah jadi suka banget sama dia dan karakternya yang misterius setelah lanjut baca manga karena gak sabar nonton season 2 yang masih lama lagi.

            Ceritanya tentang manusia yang terkurung dalam sebuah benteng, ini hampir mirip kaya isu pengurangan populasi gitu. Untuk membuat dunia/negara baru yang ideal harus ada yang dikorbankan, masih belum bisa bener-bener nangkep tujuan sebenarnya dari para titan ini. Tapi tentu saja mereka punya misi khusus yang harus dipenuhi supaya ‘pemimpin titan’ yang sedang bersembunyi ini bisa mengendalikan umat manusia yang tersisa. Masih penasaran banget karena terlalu banyak konspirasi dalam pemerintahan dan kerajaan AOT ini. Scouting legiun pun muncul sebagai pemberontak dan melakukan kudeta terhadap kerajaan sehingga sedikit demi sedikit kebusukan pemerintah terbongkar dan isu akan tatanan dunia baru pun mulai terlihat dalam cerita ini (kalo gak salah ngambil kesimpulan).

4.         Black Bullet (Anime)

Black Bullet ini pasti ada manganya juga, tapi aku belum sempat cari tahu lagi karena baru nonton season 1 nya, cuman ceritanya hampir sama kaya AOT tentang manusia yang terkurung dalam satu wilayah gitu rada mirip The Maze Runner 1 juga nih ceritanya. Di awal cerita sampai episode 24 itu baru nemu kenyataan kalau sebenarnya ada konspirasi dalam pemerintah dalam benteng miriplah pokonya sama AOT dan Divergent-Insurgent.


         Cerita tentang monster yang menjadikan manusia sebagai inang untuk bereproduksi. Woww..  untuk melawan monster ini ada beberapa organisasi yang memiliki senjata biologis. Yang dimaksud senjata disini adalah anak perempuan yang terlahir dari ibu yang terinfeksi virus si monster. Tapi tentu saja monster gak akan lahir dengan sendirinya kalau gak dibuat, senjata biologis emang isu yang bagus buat memicu perang, dan pemeran utamanya disini berusaha mencari kebenaran sejak dia mengetahui kalau ternyata benteng yang selama ini melindungi mereka ternyata bisa diterobos oleh si monster. Kemudian adanya permainan politik pemerintah dalam benteng yang bertujuan menguasai keuangan dan perekonomian wilayah.

            Duh blibet deh ngejelasinnya. Emang lebih enak nonton langsung :))
 
5.         Black Buttler (Live Action The Movie)

Manga dan Anime nya udah ada, tapi aku lebih dulu nonton live action nya karena yang meranin karakter Sebastian adalah sayangku Mizushima Hiro san yang udah lama vakum main film sejak ia menikah. Ada perbedaan tokoh antara anime dan movienya, kalo di anime tokoh utamanya seorang anak laki-laki tapi kalo di movie yang meranin itu seorang perempuan yang menyamar jadi laki-laki. Ceritanya seperti detektif gitu dan mereka mencari tahu tentang keberadaan senjata biologis pemusnah masal manusia kalo gak salah. Alurnya rada mirip dengan isu tatanan dunia baru yaitu pengurangan jumlah populasi supaya dunia mudah dikendalikan.

          

Aku lebih suka versi live action karena kalo lihat versi manganya kok rada yaoi yah (MxM) lebih jelas tahu ceritanya kalo baca manga sih. Karena live action dan anime itu ceritanya bisa loncat-loncat dan agak berbeda dari manga originalnya.



6.         Kingsman – The Secret Service (Britains Movie)

Mengisahkan tentang keberadaan agen rahasia pemerintah, dimana seorang anak harus menggantikan posisi seorang agen yang telah terbunuh setelah menjalankan misi khusus. Ternyata misi ini menghubungkan mereka pada seorang miliarder yang menciptakan suatu chip yang bisa mengendalikan manusia melalui signal telepon. Tujuannya adalah untuk memusnahkan umat manusia tak berguna yang dianggap akan menjadi penghambat bagi pemimpin yang menginginkan dunia ideal dan berjalan sesuai perintahnya. Tujuannya nanti tentu saja pengendalian sumber energi bumi. Kalau dia bisa menguasai sumber penting ini, maka manusia akan bergantung padanya. Jadi pengurangan populasi adalah misi awal yang harus berhasil digagalkan oleh agen khusus Kingsman. Yang parahnya lagi ternyata para pemerintah dunia telah mengetahui isu ini, menyetujui, dan ikut berkomplot dengan si miliarder. Pokoknya manusia itu seolah dipermainkan dan dianggap nggak ada harganya (duile). Pokoknya filmnya keren dan action-nya bagus.. gak rugi deh nontonya (buat pecinta film model beginian :))



Nah segini dulu yang berhasil aku rangkum dan kusimpulkan, sisanya kebanyakan film lucu dan film romantis. Hehehehe.. sebenarnya film Sherlock Holmes rasanya juga ada yang menceritakan tentang tatanan dunia baru, tapi aku gak bisa menggambarkannya (wkwkwk). Pasti masih banyak manga keren lain yang mengangkat isu-isu seperti ini ya tapi akunya aja yang nggak tahu karena keterbatasan informasi. Film-film sekarang juga banyak yang mengangkat isu-isu seperti ini dan menunjukkan bagaimana manusia bisa bertahan hidup dalam keadaan yang sulit, cerita fiksi sci-fi emang selalu terlihat keren karena alurnya yang lebih kompleks. Hal ini tentu menjawab kebutuhan manusia terhadap kenyataan hidup (plis yun.. stoooooppp) yang berat dan nggak selamanya dunia itu indah... (duhh.. aku akan berhenti sekarang juga).

2 comments:

  1. black bullet bukan manga. tapi novel cari aja novelya di bakatsuki dan situs lainnya

    black butler ya. ahahah.., lebih tepatnya pedofil sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok thanks untuk infonya :)

      Kalo black bullet sendiri aku langsung nonton animenya sih jadi gak tahu kalo itu ternyata berasal dari novel.

      Black Buttler aku gak pernah baca manga sama nonton animenya, jadi langsung nonton live action movie.

      Kalo ada info yang gak tepat dan kurang-kurang dimaklumin aja ya :))

      Delete