Monday 18 July 2016

[Review] Adult Games : Pokemon GO!! [In BAHASA]

BY Unknown IN No comments


Hi Minna-san, long time no see ;) 

Setelah sekian lama akhirnya aku balik ngereview lagi tapi kali ini bukan anime, yeah ini sebenarnya memang anime sih. Tapi kali ini aku lagi pengen bahas tentang fenomena Pokemon Go yang saat ini sangat populer di seluruh dunia (?) Buat beberapa orang, topik ini pastinya bukan hal yang penting untuk dibahas... tapi karena dunia animasi adalah hal yang aku sukai jadi aku pengen sharing dikit tentang ini pada orang yang juga menyukainya.

So... please get easy on me reader san :)

Kita tahukan ya, permainan Pokemon Go itu asalnya dari anime tapi kenapa kok banyak banget sih orang dewasa yang memainkan permainan ini? Kok kayaknya nggak sesuai umur banget gitu ya, bahkan sampai ada yang hampir meregang nyawa dan rela ngeluarin uang banyak hanya untuk memainkan permainan ini. Yeah... sebenarnya ini juga termasuk strategi pemasaran sih, dan perusahaan yang ngeluarin permainan ini sudah pasti dapet untung yang besar karena menurut info Pokemon Go ini bakal ada turnamennya gitu?! Hmmm...

Meskipun permainan ini udah masuk Indonesia tapi dinegara asalnya sendiri, Jepang, permainan ini masih belum bisa dimainkan. Aplikasi permainan udah bisa didownload tetapi belum ada Poke stop di Poke Map-nya dan nggak ada Pokemon yang tercapture dalam Poke Map (bener gak sih ini nyebutnya Poke Map?) entah apa di banned atau lagi-lagi ini menyangkut strategi pemasaran? Secara Jepang itu Poke Center-nya Pokemon kan ya? Apa dengan hadirnya permainan ini di Jepang akan mempengaruhi ‘siklus’ pemasaran yang akan ‘mungkin’ merugikan perusahaan? (‘still don’t know about this maybe yes maybe no’) klik disini.

Tapi yang pasti Pokemon Go masih belum diresmikan di Jepang, pasti ada banyak pertimbangan dari berbagai aspek, mungkin dari segi keselamatan diri (Kita pasti udah denger berita ada Gaijin-san yang tertabrak hanya gara-gara pengen nangkep Pikachu!!! ), kenyamanan warganya, atau ini akan mempengaruhi psikologi masyarakatnya yang selama ini kita kenal Jepang punya kualifikasi yang tinggi kehidupan dan pekerjaan mereka dan Pokemon Go tidak ada dalam daftar tersebut? Emhhh.... nggak tahu deh! 

Okay... why? Kenapa sampai harus segitunya sih? Kok kita pengen main ini?

Kenapa Pokemon Go jadi sangat Populer di kalangan orang dewasa?

Kita punya banyak opsi disini. Pokemon itu sama dengan cute, kawai, lucu, keren, pintar berantem, teman kita :), kalo ngomong kedengarannya imut-imut dan mereka adalah Pet impian para penggemar Pokemon :) Sebenarnya ada banyak faktor yang jadi pemicu kita suka main Poke Go, salah satunya faktor psikologis.

Anime Pokemon sendiri rilis pertama kali sekitar tahun 1997 yang lalu kalau nggak salah ingat sih dan saat itu kebanyakan orang-orang dewasa jaman sekarang umurnya masih belia dan saat itu pun anime Pokemon sendiri sudah sangat populer dikalangan anak-anak. So... karena imajinasi masa kecil mereka masih mengingat selucu apa itu Pokemon dan petualangannya yang seru (mungkin) pasti mereka punya passion sendiri saat melihat Pokemon Go akhirnya dirilis.

Contohnya ya, dulu aku pengen banget punya Pet itu kaya Pikachu, udah lucu, gemesin, cute, hebat bertarung pula dan dia juga adalah ‘binatang langka’ (Damn Ash!! You such a lucky guy in the Pokemon World!!). Meskipun gitu sampai saat ini pun aku masih nggak tahu Pikachu itu jenis binatang apa.  Apa Kucing? Atau Anjing? Ada yang tahu nggak?

Pokoknya sampai saat ini aku nganggapnya Pikachu itu kucing ya tapi kalau lihat Meowth sih... hmmm, sudah pasti Pikachu bukan kucing kan ya. Apa mungkin belut listrik? (Pfftt) Well... yeah itu juga bisa jadi perdebatan hebat karena sampai sekarang pun aku nggak bisa membayangkan Pou itu jenis binatang apa kalau di dunia nyata. Ada yang bisa kasih tau aku? (hihi)

Sebenarnya mau sedewasa apa pun manusia, mereka selalu punya sisi kekanakan dalam diri mereka, entah mereka sadar atau nggak, apalagi kalau sudah terobsesi sama sesuatu yang mereka sukai bisa saja mereka jadi egois, apa aja bakal dilakuin. Jadi kenapa kita pengen mainin Pokemon Go mungkin memang benar murni faktor psikologis manusia dan juga mungkiiiin saja... tren saat ini...(?) yang Menuntut kita untuk mainin ini dan ‘eksis’...(?) Maybe...(?) (Oke... aku bukan lulusan sarjana psikologi jadi sebenarnya pembahasan mengenai ini pun aku sama sekali bukan masternya dan tentu saja ini hanya opini dari orang awam :p)

Gomennasai reader-san :)

Yeah... berbeda dengan anak-anak, orang dewasa itu punya tingkat stress yang cukup tinggi dan ‘main’... (Pokemon Go lho yang aku maksud :p) ... mungkin jadi salah satu hiburan tersendiri buat mereka. Aku pribadi sih gak  ikutan main, bukannya sok sih tapi gimana ya... hapenya gak support untuk main Pokemon Go L kalo pengen main pun harus beli hape khusus buat main ini doang dan itu keluarin banyak uang lagi, ram-nya kepake banyak dan lagipula ini bukanlah prioritas utama kan?

Yakin?
Siapa yang bisa menghandle keimutan ini?




Selain karena faktor ‘impian masa kecil yang akhirnya tercapai’ yaitu ‘bisa adventure dan nangkepin Pokemon beneran (plus) ikut turnamen’ (owh) bisa jadi yang kaya tadi aku bilang... ini adalah faktor tren saat ini. Tapi berhubung Pokemon sendiri udah eksis dari dulu dan banyak penggemarnya jadi kalo dibilang  tren kayanya nggak juga ya...

Meskipun gitu ternyata Pokemon Go ini adalah ide permainan yang keren. Ibaratnya nih kamu ‘nerd’ tapi ‘hebat’ kamu punya imajinasi, gimana ya kalo misalnya Pokemon beneran ada di dunia nyata? Nah 20 tahun kemudian jadilah Pokemon Go :)

Atau gimana caranya supaya mobil bisa pakai bahan bakar dari air? Atau... gimana ya kalo misalnya ada skateboard yang bisa melayang diudara? Kalian tahukan ini  semua nonsense? Dan mungkin saat ini nggak akan ada yang beginian. Tapi... bukan berarti ini gak bisa dibuat dimasa depan.

Inilah yang terjadi dari orang yang awalnya cuman asyik nonton Pokemon sampai akhirnya punya obsesi besar dengan hal yang dia sukai dan akhirnya menjadi ide brilian dengan peluang bisnis yang besar... (oke.. kayaknya aku mulai melenceng dari tema yang ingin aku bicarakan T,T)

Yep... Intinya sih, kalau main Pokemon Go itu harus hati-hati ya reader san... kalo nyebrang jalan lihat-lihat kiri dan kanan dulu, trus jangan sampai nyelonong masuk rumah orang ntar disangka maling lho :) dan... jangan sampai terlalu terobsesi...

Oh no!!!!

Dirumah tetangga ada Pikachu!!!!

Gotta get em all!!!

Bye-bye!!
Janneee Reader san :)

PS: Sampai ketemu di review selanjutnya tentang anime Kabaneri of The Iron Fortress dan pembahasannya apakah anime ini dapet nilai ‘Worth’ or ‘Suck’? Hmm... kita lihat saja nanti :)

0 comments:

Post a Comment