Sunday 5 June 2016

[Review] Re-Schedule Attack On Titan Season 2???? Kemunculan Kabaneri Of The Iron Fortress

BY Unknown IN No comments


Minna Hajimemashita~ Hisashiburi danna~ :)

Sudah berapa lama ya sejak terakhir saya mereview anime, hmmm... udah lama banget deh kayaknya sejak post terakhir saya tentang review kematiannya Levi Ackerman bulan Februari lalu, kalian penasaran gak sih sama anime satu ini? Season 2 nya beneran akan rilis pertengahan bulan ini atau nggak sih?

Kalau dilihat dari jumlah chapter yang sudah di post oleh Iseyama Senpai sepertinya~ ada kemungkinan~ kalau animenya~ bakal~ an~ ~ ~

Batal tayang tahun ini :(

I’m not joking.... Menurut berita yang diumumkan oleh salah satu Website manga Spanyol, Mission Tokyo. Selecta Vision yang merupakan distributor anime di Spanyol telah menghubungi pihak Kodansha untuk meminta ijin menayangkan Attack On Titan Season 2 musim gugur tahun ini namun pihak Kodansha menyatakan bahwa Attack On Titan tidak akan rilis tahun ini! dan dijadwal ulang untuk tahun 2017 nanti. Selecta Vision pun memperkirakan Attack On Titan akan airing sekitar Januari 2017. Beritanya bisa dicek disini.

I know it is a bad news for AOT fans. Tapi bisa kita lihat sendiri sudah sampai pertengahan 2016 dan Kodansha masih belum mengeluarkan trailernya, bahkan tak ada bocoran mengenai karakter-karakter dalam AOT  untuk promosinya. Summer 2016 ini nggak akan ada AOT2.

Kenapa kemarin ada berita season 2 akan rilis Juni ini? Karena  menurut analisis dari anime-anime sebelumnya, biasanya jeda rilis anime antara season 1 dan 2 itu bisa berkisar selama 2-3 tahun, dan anime Attack On Titan sendiri saat ini sudah memasuki jeda tahun ketiganya, tentu saja para penggemar udah nggak sabar lihat season 2-nya kan, tetapi sayangnya sampai saat ini belum ada kepastian anime ini beneran akan rilis atau tidak.

Berhubung masih belum ada kejelasan juga dari pihak Shingeki No Kyojin (silakan cek daftar anime yang akan diproduksi oleh Production I.G, Noitamina dan FUNimation) jadi~ sebaiknya kita bersabar lebih lama lagi dan semoga saja autumn ini / winter ini akan muncul keajaiban tentang berita tayangnya Attack On Titan Season 2.

Karena sudah menyampaikan berita simpang siur dipostingan saya sebelumnya saya ingin minta maaf karena berita yang ada tak sesuai kenyataan. Gomeeenn!!! Tapi saya akan tetap update jika ada perubahan informasi lagi.

Untuk penggemar AOT jangan berkecil hati dulu~

Saya menemukan satu anime yang kompilasinya keren banget, dulu saya sering cari anime yang mirip AOT, dapet beberapa judul tapi saya nggak nonton semuanya karena mereka semua nggak ada yang semirip anime satu ini. Menurut beberapa penggemar anime yang sudah melihat anime ini, mereka bilang perbandingan AOT dan anime ini adalah 11-12.

Hmmm... I don’t know what to say, tapi anime ini... emang beneran perfect kompilasi!! Kamu bisa dapetin Tokyo Ghoul, Code Geass, Walking Dead, Attack on Titan dan Psycho Pass dalam satu paket. Oh my lord... yang bikin saya nggak nyangka sama sekali ternyata anime ini dibuat oleh timnya... Shingeki No Kyojin yang berkolaborasi dengan tim Code Geass... man~ that was pretty cool~~ :)

Beberapa hari yang lalu sister in crime saya menemukan anime yang lagi booming dibicarain para bule ini di Youtube dan kita bertiga pun akhirnya... nonton trailernya. Besoknya... saya langsung searching anime ini secara pribadi...

Mungkin beberapa penggemar anime sudah tahu anime berjudul Koutetsujou No Kabaneri tetapi beberapa juga ada yang belum tahu kan. Saya bocorin dikit deh, berhubung saya ini maniak anime Psychological dan penggemar sejati anime keluaran Production I.G, FUNimation dan Noitamina. Saya akan bocorin apa yang bisa saya bocorkan, semampu saya lah, seperti genteng kehujanan yang terbang tertiup angin topan. Wkwkwk.


Koutetsujou No Kabaneri (Kabaneri Of The Iron Fortress) adalah anime hasil kolaborasi antara rumah produksi Production I.G + Noitamina yang tidak berdasarkan manga dan plot ceritanya berdiri sendiri alias orisinil ciptaan para staf produksi (sama seperti kasusnya Psycho Pass) dalam anime ini tim SNK dan Code Geass-lah yang bekerja sama. Aslinya proyek ini sudah direncanakan sejak 2014 dan akhirnya rilis pada 8 April 2016 kemarin yang ironisnya saya baru nonton beberapa hari yang lalu... telat deh.

Anime ini bercerita tentang dunia di zaman modern yang juga hampir musnah karena adanya virus mematikan yang tak diketahui munculnya dari mana. Virus ini menyebar melalui gigitan yang dalam sekejap langsung meracuni sistem arteri manusia dan hanya dalam hitungan detik langsung merusak sel otak manusia yang tergigit dan membuat mereka menjadi mayat hidup. Berkat hadirnya virus ini populasi manusia yang hidup pun langsung menurun dan tergantikan dengan meningkatnya populasi mayat hidup berjalan yang mampu menyerang dan bergerak sangat aktif.  Tidak hanya sekedar mayat aktif biasa mereka ini adalah monster!


Mayat berjalan yang aktif menyerang ini disebut Kabane, Kalau di Tokyo Ghoul ada Kaneki Ken yang setengah manusia setengah Ghoul dan di Attack On Titan ada Eren yang juga setengah manusia setengah Titan.  Di KNK sendiri juga ada sekelompok manusia yang ternyata mampu bertahan dari virus ini dan hidup tidak sebagai manusia juga tidak sebagai monster, mereka disebut Kabaneri. 



Kabane

Kelemahan Kabane adalah jantungnya (mirip vampir ya), lalu Kabane akan non-aktif saat kepalanya terpenggal dari tubuhnya, Kabane dapat menyatukan diri dan berubah menjadi monster berukuran raksasa yang bisa menghancurkan kota dalam sekejap, beberapa Kabane juga ada yang mampu belajar meningkatkan kemampuan melalui pengalaman mereka. Seperti Kabane Waratori yang merupakan Kabane samurai yang bisa bertarung baik dengan atau tanpa senjata (mirip dengan Titan Armor-nya Annie Leonhart, Bertholt dan Reiner yang mampu bertindak dan berpikir seperti manusia).

Lalu kenapa kok bisa ada manusia yang  jadi Kabaneri?

Seperti halnya Eren Jeager, mungkin kekuatan tekad lah yang membuat manusia mampu bertahan dari virus mematikan ini. Oh my~ hihihi nggak kok ini ada penjelasan ilmiahnya sih sepertinya.

Ada salah satu tokoh dalam anime yang bernama Ikoma, suatu malam Kabane menyerang kota setelah membobol dinding pertahanan dengan lokomotif uap yang disebut Hayajiro (seperti kereta api uap tapi dengan bahan bakar, air). Setelah benteng hancur, para Kabane membanjiri kota dan malam itu manusia pun bertarung dengan Kabane. 

 



Ikoma

Ikoma adalah seorang pengrajin senjata yang sedang membuat senjata khusus yang sangat mematikan untuk membunuh Kabane yang ia sebut Tsuranukizutsu. Ia bertekad untuk menguji senjatanya pada Kabane asli dan harapannya menjadi kenyataan saat Kabane muncul di malam terjadinya serangan. Ia pun memancing salah satu Kabane dengan menggunakan darahnya. (Kabane yang lapar sangat suka ‘makan’ darah dan mereka memburu manusia untuk mendapat pasokan darah. Kabaneri juga beresiko akan menjadi Kabane jika mereka kelaparan jadi mereka butuh pendonor darah yang budiman).

Malam itu Ikoma sukses dengan percobaannya dan ia berhasil membunuh satu Kabane dengan Tsuranukizutsu, namun sayangnya Kabane tersebut telah menggigit lengan Ikoma dan dalam sekejap saja arterinya diracuni oleh virus Kabane. Tanpa ragu Ikoma yang tidak ingin mati dan menjadi Kabane memutuskan untuk melakukan apapun agar dapat menahan penyebaran virus Kabane. Ia memasangi bagian tubuhnya yang terinfeksi dengan alat dari besi yang dipakukan ke lengannya dan mencekik lehernya sendiri dengan sebuah kalung besi saat virus melewati lehernya dan hampir mencapai otaknya. Entah kenapa cara tersebut berhasil dan Ikoma tidak menjadi Kabane dan tetap dengan sosoknya sebagai manusia, namun... dalam dirinya dia adalah Kabaneri yang diberkati kekuatan luar biasa.

Kemudian ada seorang Heroin yang kalau saya lihat sih kolaborasi dari beberapa watak tokoh SNK, Mikasa + Levi Ackerman + Hanji Zoe = Mumei. Gadis cute ini ternyata juga seorang Kabaneri dan dia selalu mengenakan pengikat pita berwarna ungu di lehernya. Awalnya kami pikir dia ini cewek tsundere biasa, tapi saat Mumei melepas pengikat pita ungu itu dalam sekejap saja ia mendapat kekuatan luar biasa dan dengan mudah membunuh para Kabane. 






Mumei (favoritku :) )

Sepertinya ada sesuatu ‘di bagian leher’ yang sebenarnya dapat mengontrol kekuatan Kabane pada manusia yang terinfeksi (mirip AOT lagi). Selain bagian leher yang misterius saya juga penasaran dengan sebuah batu berwarna biru tosca yang ada ditangan Ikoma.

Penggambaran wilayah dalam anime ini pun kurang lebih mirip seperti AOT, dimana manusia harus hidup dikelilingi dinding besi dan benteng kuat yang besar. Tetapi perbedaannya di anime ini banyak stasiun dan rel kereta api yang modern. Masyarakat yang tinggal dimasing-masing distrik ini juga memiliki stasiun kereta dan sejak Kabane menyerang tempat tinggal mereka, mereka pun akhirnya tinggal didalam kereta yang berjalan (mirip film hollywood yang judulnya ada snow-snow apa gitu). 





Senjata yang digunakan sedikit mirip 3DMG-nya AOT, namun disini nggak ada adegan ‘spiderman’ kayak di AOT  dimana para prajurit harus terbang kesana kemari sambil menebas titan. 3DMG versi KNK ini adalah pistol yang menembakkan peluru besi dengan bantuan gas, lalu ada juga pisau, pedang samurai dan panah yang jika dilapisi oleh serum tubuh Kabane akan dapat mempermudah senjata tersebut menusuk jantung Kabane yang dilindungi oleh tulang besi.
 


Ketika nonton episode empat atau lima (saya agak lupa) kalian akan langsung tahu kalau alur ceritanya nanti akan banyak konspirasinya, sejauh ini saya baru nonton enam episode meskipun saya mendownload tujuh episode tapi kami memutuskan untuk menyimpan satu episode ini dan menontonnya nanti setelah semua episode lengkap (kami nggak ingin tenggelam dalam lautan rasa penasaran).

Yang masih jadi misteri itu, Kabane ini muncul karena apa sih? Apa tujuannya dan siapa yang merencanakannya? Entah itu kebijakan pengurangan populasi lagi atau tatanan dunia baru atau mungkin juga salah satu cara untuk membuat manusia ingat arti kemanusiaan dan membuat mereka mengingat lagi seperti apa mereka di zaman saat belum modern dulu. Entahlah lagi-lagi saya ngebacot, gomen gomeeen :)

Yup-yup-yup!! So far... kami suka banget sama anime ini, artworknya bagus, warnanya didominasi oleh warna hangat, gambaran karakternya juga cukup jelas, musiknya? Jangan diragukan lagi~ background musiknya oke banget (jadi keingetan reluctant heroesnya AOT) karena ternyata Hiroyuki Sawano yang mengurus masalah background musik di KNK, OP dan ED nya dibawakan oleh EGOIST. 

OP Song : EGOIST - Kabaneri Of The Iron Fortress 
ED Song : Aimer with Chelly - Ninelie

Meskipun plotnya mirip AOT tapi dijamin deh kalo anime ini... KE-RR-EN BA-NGET-TT!! Kalian wajib nonton.. cewek jangan takut lho nonton ini, ini anime cool kok gak rugi deh liat darah dikit-dikit. Kalau kalian suka anime berplot berat saya saranin tiga rumah produksi ini, mereka adalah de-best-nya (Production I.G, FUNimation, Noitamina) yang paling de-best sih Noitamina :) meskipun alurnya berat tapi ceritanya seru buat diikutin.

Sampai sini dulu reviewnya, maaf kalau banyak kekurangan dalam penjelasannya, semoga kalian suka sama anime ini dan moga aja anime ini bisa sedikit mengobati rasa kecewa saat nanti denger kabar kalau AOT season 2 ternyata gak jadi rilis tahun ini. Tapi semoga saja anime favorit kita itu bisa dirilis sebelum akhir 2016 ya.

Janneee!!! :) :) :)








0 comments:

Post a Comment