Friday 20 November 2015

Review : Psycho Pass

BY Unknown IN No comments



Hi there!! Long time no see!! How are you? 

So.. It’s been a long time since I wrote chapter 8 “Secret Lesson With My Boss”. I’m so happy, cause someone requested another chapter for this story, it’s really refreshing cause I’m not a professional writer and.. yeah my english doesn’t good anyway.  I’m so sorry for this late, cause I have a terrible something in my study and I need to fix them as soon as possible because I have a limit. But I hope I can work fast for the next chapter and release them this weekend. So.. please be patient.


But now.. sorry I have another ‘but’ again.. ahahha..  I wanna do some review for ‘jeng jeng jeng’ yeah... my anime marathon. When I feel really hate the day, bored, feelin’ uneasy with everything, I will do something stupid like anime marathon in one night! Just one night watching all of them until sun smiles in the morning.

I have some anime list, like Gintama, Shokugeki No Suoma, and Phsyco Pass..I got all of them from my besties. But I wouldn’t talk about all of them just... one.  I choose..



Here we go..
So, I'll doing this review in bahasa ya! Peace!!

Psycho Pass.. jadi anime ini... jalan ceritanya lumayan berat, beda banget dengan anime yang dulu sering aku tonton di tahun 90-an, banyak anime lucu, gokil, mendidik dan lebih ke anak-anakkan. Tapi dunia selalu berputar dan yeah.. sekarang banyak sekali anime dewasa yang jalan ceritanya rumit dan selalu berhubungan dengan tatanan dunia baru dan lagi-lagi pemberontakan. Jadi anggap aja ini sambungan dari review anime sebelumnya.

Psycho Pass menceritakan tentang, seorang gadis muda yang pinter banget, lulus tes di 13 divisi berbeda, dan diterima di 6 perusahaan terkenal dan memiliki level stress yang dibawah rata-rata. Her name is Tsunemori Akane. Dia memilih untuk bekerja di Departemen Investigasi Kriminal a.k.a Kepolisian yah semacam itu lah, soalnya mereka sekarang ada di tahun 2090 dimana dunia digital sudah menguasai bumi dan juga kehidupan manusia, makanya semua departemen yang ada namanya jadi keren semua. Semua yang manusia lakukan akan diputuskan oleh sibyl. Sibyl ini semacam program, aku baru nonton sampai episode 14 sih jadi ini semacam analisis kualitatif aja yah (pret emang skripsi).

Nah, dijaman mereka ini, mesin, program, holo (hologram) sudah menguasai manusia. Sybil memiliki mesin Pshyco Pass, awalnya mesin ini dipakai untuk melindungi manusia dari tindak kejahatan manusia lainnya. Jadi dia membaca warna aura manusia, kalo gelap artinya dia stres dan kemungkinan besar akan melakukan kejahatan jadi tugas Psycho Pass adalah untuk mencegah kejahatan terjadi dan merehabilitasi orang-orang itu.

Case study-nya nih, kamu lihat pacarmu jalan sama cewek/cowok lain trus kamu berencana untuk membunuh atau mengganggu mereka, jangan coba-coba deh kamu mikir kaya gitu, soalnya kamu bakalan ditangkap duluan sama tuh mesin, nah lho mampus deh gak bisa ngapa-ngapainkan. Tuh jangankan sleding teckle tuh musuh, baru mikirin rencana aja udah ditangkap.  Hebatkan..

Setelah melalui banyak pertumpahan darah, investigasi, analisis, main detektifan dan sebagainya.. aku Cuma bilang.. akhirnya AOT punya saingan, kalo di AOT manusia yang dimakan sama Titan, kalo di Ppass, manusia di mutilasi manusia, untung aja ini ga ada live actionnya. Ngeri banget pokoknya.

Jadi musuhnya ini namanya, Makishima Shougo, selain Tsunemori Akane pahlawan lainnya ada Kougami Shinya. Tiga orang ini jadi main actor-nya Ppass.

Makishima adalah seorang pemberontak yang punya kelebihan, yaitu aura kegelapannya tidak bisa dibaca oleh Psycho Pass dan dia pinter banget mengatur strategi, kenapa dia kok spesial? Yah.. gak tau juga sih. Tapi kan emang gitu ditiap anime pasti ada aktor yang punya kelebihan spesial entah itu musuh ataupun pahlawannya. Tapi kebanyakannya sih sering itu pahlawan yang dapat kekuatan yang mirip kekuatan musuh. Kaya Black Bullet, Tokyo ghoul, AOT. Study case Eren, dia harus jadi Titan supaya bisa bantu manusia nah semacam itulah.

Tujuan Makishima ini sebenernya baik banget lho, dia ini mirip semacam organisasi ekstrim gitu deh, dia ingin membawa kebaikan tapi dalam wacana yang ekstrim dan belok. Terlalu masokis karena banyak adegan mutilasi, wanita dipukuli dan orang-orang dikuliti juga ditembak. Mengerikan. Makishima menginginkan dunia yang ada di jaman seratus tahun sebelumnya (yaitu jaman kita saat ini) kembali lagi, jaman saat manusia bebas tanpa didikte oleh sebuah mesin dan program, Makishima ingin manusia bisa merasakan kebebasan yang sebenarnya lagi, kebebasan untuk memilih, menentukan, berusaha, dan sebagainya.

Study case, misal nih ya IQ mu standar dibawah rata-rata, phsyco pass membaca IQ dan warna auramu, trus dia membuat kesimpulan kamu harus kerja jadi tukang bersihin toilet, padahal sebenarnya kalau kamu mau berusaha kamu bisa jadi manager. Apa yang akan kamu lakukan? Apa kamu akan mengikuti keputusan yang sudah dibuat oleh mesin? Padahal sebenernya kamu mampu.

Nah, di season satu ini baru hal ini saja yang bisa disimpulkan, aku pribadi setuju dengan keinginan Makishima tapi tanpa hal ekstrim kaya gitu. Sekarang aja kita udah pada gila android dan paket internet, kalo paket habis langsung beli baru. Kalo android rusak langsung beli baru. Sedikit demi sedikit kita merasa kalo semua itu adalah bagian dari nyawa kita padahal awalnya tujuan murni dari hape, laptop dan kamera itu murni banget untuk nolongin manusia. Dan lagi-lagi aku ngeliat sistem yang sama seperti teori tatanan dunia baru yang ideal. Para komikus jepang suka banget deh pake teori ini padahalkan njelimet banget, tapi bagus juga sih jadi kita sekaligus belajar gitu.

Tsunemori Akane ini, dia cerdas, pintar mengambil keputusan, mau belajar alias menjadi ‘orang bodoh’ dia juga inspektur diusia yang masih muda. Partnernya adalah Shinya (aku suka Shinya, cowok dingin tapi perhatian itu sesuatu banget ahhahaha) yap.. Shinya ini mantan inspektur tapi karena level stresnya tinggi banget diatas 700, gara-gara dendam yang ia punya untuk Makishima karena musuhnya itu udah membunuh sahabatnya, posisi Shinya pun turun menjadi penegak alias pemberi kematian. Shinya punya tujuan untuk balas dendam dan nanti kita akan ngeliat bagaimana peran Akane yang sebenarnya, bisakah dia mencegah Shinya agar tidak berbuat sesuatu yang fatal? Ataukah makishima yang berhasil? I don’t know!

Tapi.. anime ini worth it banget buat ditonton, yah para anime lovers sih pasti udah pada nonton dan lebih update sih ya akunya aja yang telat. Gomen. Buat yang suka anime kelas bulu, silakan aja di cuss anime Psycho Pass.. aku gak punya link donwloadnya sih jadi.. Gomen yang jelas gak rugi nonton ini dan anime ini keren.
Kougami Shinya


0 comments:

Post a Comment